Info Rambut

Jenis / Tipe Kebotakan

  • cara-mengatasi-kebotakanAlopesia Aerata (kebotakan koin/kebotakan setempat/Pitak)Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui. Sering dihubungkan dengan adanya infeksi fokal, kelainan endokrin dan stres emosional. Sebagian penderita menunjukkan keadaan neurotik dan trauma psikis.

    Gejalanya terlihat adanya bercak berbentuk bulat/lonjong dengan disertai kerontokan rambut, pada kulit kepala/ alis /janggut.

  • Alopecia Androgenika (kebotakan keturunan)Alopesia Androgenika (Male Pattern Baldness/ Female Pattern Baldness).

    Penyebabnya ialah berbagai faktor herediter yang dominan dan naiknya konsentrasi androgen ekstra gonadal pada kulit kepala. Pada wanita penyebabnya dianggap sebagai kelebihan androgen, meskipun demikian umumnya kadar testoteron tidak meninggi.

    Gejalanya biasanya timbul pada akhir umur duapuluh atau awal umur tigapuluhan. Diawali rambut rontok secara bertahap mulai dari bagian ubun-ubun/vertex dan depan/frontal. Garis rambut atas/anterior menjadi mundur dan dahi terlihat lebar. Kemudian puncak kepala menjadi botak. Pada wanita kerontokan rambut juga dapat terjadi secara merata mulai dari puncak kepala. Rambut menjadi tipis dan suram, sering disertai rasa terbakar dan gatal. Dan berlangsung dalam jangka lama.

  • Alopecia PrematurSering terjadi pada laki-laki muda pada umur duapuluhan dan disertai penyakit kulit kepala yang disebut Dermatitis Seboroika. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui. Umumnya merupakan penyakit keturunan dan hormonal.
  • Alopecia TotalisKebotakan menyeluruh >50% kulit kepala